Lapangan
futsal mulai menjamur di kota-kota besar di Indonesia dan hal ini menjadi lahan bisnis yang cukup
menjajikan. Pertumbuhan bisnis futsal di Indonesia sangat signifikan, kalau
boleh di bilang luar biasa. Bukan Cuma di Jakarta, di Surabaya, Bandung, Medan,
Palembang, Makasar, dan kota-kota besar lain.
Futsal menjadi jawaban atas sempitnya lahan bermain di
daerah perkotaan. Saat ini banyak lahan kosong dan lapangan olahraga lain yang
berubah wajah menjadi lapangan futsal. Lapangan itu tidak hanya di miliki oleh
Pemda melalui gedung-gedung olahraga (GOR), tapi makin hari makin banyak pula
pengusaha yang mencoba terjun ke bisnis ini. Dan ini juga adalah salah satu
jawaban untuk pengusaha-pengusaha baru yang ingin mencoba menekuni bisnis yang
sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi orsng lain ini. Mempunyai bisnis
futsal rata-rata akan melonjak dari tahun ketahun dan perubahan meningkat
secara signifikan.
Futsal adalah cabang olah raga yang lagi trend sekarang,
banyak orang ingin bermain futsal namun terkendala dengan tempat yang layak.
Untuk itu saya bekerja sama dengan pihak-pihak yang membantu
ingin membuat usaha penyewaan lapangan futsal khususnya di kota Mojokerto
dengan fasilitas yang mendukung, rencana usaha ini akan diberi nama “ Wildan’z futsal
Stadium ”
1.Intangibilitas
Jasa bebeda dengan barang. Bila barang merupakan suatu objek, alat, atau benda; maka jasa adalah suatu perbuatan, tindakan, pengalaman, proses, kinerja (performance), atau usaha. Oleh sebab itu, jasa tidak dapat dilihat, dirasa, dicium, didengar, atau diraba sebelum dibeli dan dikonsumsi. Bagi para pelanggan, ketidakpastian dalam pembelian jasa relatif tinggi karena terbatasnya search qualities, yakni karakteristik fisik yang dapat dievaluasi pembeli sebelum pembelian dilakukan. Untuk jasa, kualitas apa dan bagaimana yang akan diteriman konsumen, umumnya tidak diketahui sebelum jasa bersangkutan dikonsumsi.
Jasa bebeda dengan barang. Bila barang merupakan suatu objek, alat, atau benda; maka jasa adalah suatu perbuatan, tindakan, pengalaman, proses, kinerja (performance), atau usaha. Oleh sebab itu, jasa tidak dapat dilihat, dirasa, dicium, didengar, atau diraba sebelum dibeli dan dikonsumsi. Bagi para pelanggan, ketidakpastian dalam pembelian jasa relatif tinggi karena terbatasnya search qualities, yakni karakteristik fisik yang dapat dievaluasi pembeli sebelum pembelian dilakukan. Untuk jasa, kualitas apa dan bagaimana yang akan diteriman konsumen, umumnya tidak diketahui sebelum jasa bersangkutan dikonsumsi.
:: Implikasi Pemasaran
Karena sifatnya
yang intangible, dalam memasarkan jasa produsen cukup menekaankan perhatian
konsumen kepada kategori-kategori tertentu yang tangible, untuk menonjolkan
realitas jasa yang ditawarkannya. Contohnya : jika seseorang berkehendak
menyewa mobil, maka jangan menawarkan jenis mobilnya; tetapi menekankan pada
elemen-elemen seperti berapa banyak penumpang yang bisa di angkut, mobil yang
akan digunakan sudah diasuransikan atau belum, mengambil sendiri atau diantar,
sopirnya sudah ada atau belum, dan sebagainya.
Dalam
kasus ini usaha “Lapangan Futsal” maka ditekankan pada :
·
Luas Lapangan Futsal 16 X 26 meter (standard Nasional )
·
Kualitas rumput sintetis Lapangan
·
Kenyaman ruangan dan fasilitas yang di dapat,seperti kamar
mandi dan ruang ganti
·
Menyewakan sepatu dan kelengkapan untuk Fursal
Pembuatan /
Pengadaan Lapangan Futsal
Material rumput sintetis 416 M2
200.000/m2 = Rp 83.200.000
Gaji
pegawai 2org @ Rp450.000
Rp 900.000
Tagihan listrik dan air / bln 8lampu @ 250W Rp 600.000
Tagihan listrik dan air / bln 8lampu @ 250W Rp 600.000
Bola
Futsal : 2 pcs @ Rp. 150.000
Rp. 300.000
Rompi : 24
pcs @ Rp. 20.000
Rp. 480.000
Lighting :
12 pcs @ Rp. 900.000
Rp.
10.800.000
Tiang
Untuk Lighting : 6 pcs @ Rp. 450.000 Rp. 2.700.000
Total
Rp 98.980.000
ESTIMASI
PEMASUKAN DENGAN ASUMSI PERJAM Rp. 150.000, -
Dengan rata2 10 kali sewa pakai maka di dapat Rp
150.000 X 10 = Rp. 1.500.000
Estimasi pemasukan / hr 10jam Rp. 1.500.000
Estimasi pemasukan / bulan di peroleh Rp
1.500.000 X 30 = Rp 45.000.000
Dengan operasional
Rp 1.500.000 untuk gaji karyawan dan tagihan listrik dan air maka
perbulan pemasukan di dapat Rp 43.500.000 / bulan
BAB I
Klasifikasi Jasa :
Jasa utama yang didukung dengan barang minor
Dalam Jasa ini jasa utama adalah Lapangan Futsal dan barang inorpendukungya adalah perlengkapa futsal dan fasilitas lain pendukung kegiatan seperti : Bola,sepatu,rompi dll.
Dalam Jasa ini jasa utama adalah Lapangan Futsal dan barang inorpendukungya adalah perlengkapa futsal dan fasilitas lain pendukung kegiatan seperti : Bola,sepatu,rompi dll.
Karakteristik Jasa :
Lack of ownership pelanggan tidak memiliki jasa
(tidak terjadi perpinahan jasa kepemilikan) yang artinya hanya sewa dan
pakai,pelanggan hanya menyewa dan hanya dipakai dalam tempo waktu yang sudah di
tentukan.
Tidak terpisahkan :
Untuk Jasa ini maka Pelanggan harus datang untuk
memakai Jasa yang di inginkan.
Bentuk relationship marketing :
·
Hubungan Pelanggan :
Dalam jasa ini hubungan dengan pelanggan diwujudkan dalam bentuk member
(Anggota pemakai tetap dari jasa ).kartu member diberikan pada para pelanggan
tetap dengan kelebihan ada potongan pada hari Senin sampai kamis ( hari kerja )
dan bonus pemakaian 1 jam untuk 10 kali sewa maka aka nada bonus 1 Jam.
dan juga di adakan turnamen atau kompetisi futsal antar klub pelanggan,Hal ini diwujudkan untuk semakin menaikan pemakain sewa dan hubungan pelanggan.
dan juga di adakan turnamen atau kompetisi futsal antar klub pelanggan,Hal ini diwujudkan untuk semakin menaikan pemakain sewa dan hubungan pelanggan.
·
Kemitra’an dengan
pemasok : menjalin relation dengan took olahraga untuk memasok keperluan jasa
dalam rangka perawatan alat alat olahraga yang sudah mulai rusak seperti sepatu
dan bola.
·
Kemitra’an antar
perusaha’an : Menjalin hubungan dengan para owner Futsal Field lain.Tujuan dari
hal ini untuk sharing dan tukar pendapat dalam opersional Jasa,bagaimana
kegiatan di Lapangan Lain.
·
Kemitra’an Internal :
Join partnership (kepemilikan usaha bersama )
Bentuk
Relation Marketing :
Hubungan Pelanggan ( Customer Relationship )
Hubungan pelanggan di bangin dengan mendasarkan pada
kegiatan Membership atau keanggota’an dengan konsumen,dan untuk para member
akan mendapat kelebihan dan fasilitas yang tidak sama dengan konsumen
lain,seperti diskon harga sewa untuk hari hari tertentu dan juga fasilitas pada
cafe dan resto.
Kemitra’an dengan Pemasok :
Pemasok dalam hal ini adalah para suplier alat alat
olahraga yang menjadi fasilitas “ Wildan’z Futsal Stadium “ seperti
sepatu,dekker dan rompi team,karna kami mempunyai jalinan kemitra’an usaha maka
kami tidak suah dalam mencari fasilitas olahraga yang unggul dan
berkualitas,dengan adnya jalinan kemitra’an sepeeti ini maka kami juga tidak
akan tertipu dengan fasilitas yang tidak bermutu dari mitra kerja “Wildan’z
Futsal Stadium “
Kemitra’an antar perusaha’an :
Dalam hal ini kami juga menjalin kerja sama dengan
pemilik lapangan futsal lain dengan maksut sharing atau bertukar informasi
kegiatan dan kerjasama dalam usaha peningkatan kualitas jasa.
Dengan berbagi ilmu maka kami juga akan menjadi lebih
memahai kebutuhan para konsumen dengan mempelajari bisnia usaha lain.
Hubungan dengan masyarakat :
Hubungan dengan masyarakat di wujudkan dengan menjaring
pekerja dari masyarakat sekitar,maka kami mengurangi jumlah pengangguran dan
membuka lapangan pekerja’an untuk masyarakat sekitar lapangan.
Semua hal dan aspek di atas adalah termasuk kegiatan
pemasaran dengan bentuk relation marketing,di mana hubungan baik dengan para
pelaku bisnis akan meningkatkan penjualan dan kepercaya’an masyarakat dan
konsumen Wildan’z Futsal Stadium pada khususnya.
Visi “
Wildan’z Futsal Stadium “
·
Menjadi lapangan futsal
indoor room yang menjadi pusat olah raga dan Arena olah raga yang bermanfaat
dalam pengembangan bibit muda pemain sepakbola.Dan menjadi pusat pengembangan
dan penyalur bakat bakt muda para pemain sepak bola muda dalam pengembangan
bakat dan keterampilan sepak bola
Misi
·
Menjadi pusat lapangan
futsal yang bisa mengantarkan bakat bakat muda menuju prestasi
·
Memeberikan pelayanan
dan penghargaan kepada bakat bakat muda yang ingin mengembangkan karir
·
Menjadi lapangan futsal
indoor arena yang multi fungsi dalam cabang olah raga lain
·
Mengembangkan bakat
bakat muda pemain sepak bola dalam kegiatan kegiatan turnamen dan ajang
pengembangan bakat
SEGMENTING TARGETING DAN POSITIONING JASA
Geografis : segmentasi pasar “Wildan’z Futsal Stadium” di
tinjau dari segmen geografis menekankan pada aspek kota,dimana kota adalah
tepat dan wilayah yang padat penduduk dan susah untuk memdapatkan tempat untuk
berolahrga,maka kami hadir d tengah permasalhan ini dengan menghadirkan tempat
olah raga dan lapangan futsal pada khususnya di tengah kota,dengan fasilitas
kebutuhan masyarakat Urban yang juga menjadi faslitas usaha kami.
maka usaha ini mempunya prospek dan nilai yang sangat mendukung dan menjajinkan d tengah kota.
maka usaha ini mempunya prospek dan nilai yang sangat mendukung dan menjajinkan d tengah kota.
Demografis :
Segmen pasar dari aspek demografis di tekankan pada
konsumen usia muda untuk lapangan futsal dan masyarkat umum yang mulai sadar
akan pentingnya kesehatan pada umumnya,anak anak muda yang menggilai sepak bola
namun tidak ada tempat untk berman,maka di sinilah kami muncul sebagai solusi
permasalhan tersebut dan juga dengan harga sewa yang terjamin dan tidak
memberatkan masyarkat muda.
Psikografis :
Dalam aspek ini kami menghadirkan usaha yang sesuai
dengan kebutuhan masyarakat kota,dengan gaya hidup Urban dan karakteristik
masyarakat yang ingin semuanya praktis,di sini kami menyajikan semuanya dan
mempaketnya dalam “ wildan’z futsal Stadium” di mana tempat olahraga bukanlah
tempat yang membosankan dan identik dengan jenuh,di sini kami menyajikan cafe
dan resto unntuk para konsumen dan fasilitas pendukung lain yang di jamain
sesuai kebutuhan masyarakat saat ini.
TARGETING :
Evaluasi pasar di perlukan dalam penentuan target
pasar,aspek ini lebih spesifik dar langkah awal segmen pasar.targeting
“wildan’z Futsal Stadium” berarah pada anak muda pecinta olahraga dan futsal
pada khususnya.
Single segmen Concentration :
Wildan’z futsal Stadium memang meiliki fasilitas cafe dan
resto,namun spesifikasi dari produk kami adalah jasa lapangan futsal,maka pada
lapngan futsal kami fokus pada layanan utama,di mana konsumen utama kami adalah
di penyewa’an lapangan futsal,namun kami juga tidak merendahkan fasilitas
pendunkung lain seperti Cafe dan resto yang kami miliki.
POSITIONING :
Aspek ini menekankan pada kenunggulan produk yang di
dasarkan pada keunikan produk,dimana konsumen harus memilih produk kami di
banding produk kami dengan menanamkan keunikan dan kepercaya’an pada konsumen.
Wildan’z futsal stadium memiliki keunggulan pada
fasiltas,kami hanya memberi kualitas terbaik pada alat alat olah raga di mana
keselamatan konsumen menjadi pedoman kami dalam usaha ini.
Maka kami menggunakan alat olah raga dengan mutu nomer
satu dan unggul.serta fasilitas lainya untuk cafe dan resto dengan layanan
terbaik.
Strategi produk jasa
A . Produk Inti ( Core Produk )
Pusat kebugaran dan olahraga
Fungsi inti dari Wildan’z
futsal Stadium adalah tempat untuk bermain
futsal,namun dengan adanya tempat olah raga lain maka usaha ini menjadi tempat untuk
pusat kebugaran yang pas di pusat kota.sarana yang tersedia menjadikan usaha kami sebagai tempat ke
bugaran yang nyaman untuk di kunjungi,Olah raga bisa menjadi hal yang
menyenangkan dan tidak hanya melelahkan
B Produk Aktual ( Actual Produk )
Lapangan olahraga dengan kualitas standar
internasional.Wildan’z Futsal Stadium
memiliki 2 lapangan futsal berstandard internasional,dengan kualitas rumput
sintetis yang tidak licin dan tidak gampang rusak,lengkap dengan Fasilitas lain
yang juga di sewakan seperti Bola,Rompi,Sepatu dan alat olahraga lain yang
terjamin kualitas dan kenyamanan dalam pengguna’anya.Dengan fasilitas penunjang
ini maka kecelaka’an dalam olah raga akan kecil kemungkinanya.
C . Produk Tambahan
Fasilitas penunjang lain.Wildan’z Futsal Stadium
tidak hanya sebagai tempat kebugaran namun juga bisa sebagaitempat untuk
bersantai,dengan fasilitas Café dan WIFI yang tersedia sangat menunjnag pelanggan
untuk nyaman di tempat kami.Pelanggan
yang menunggu juga tidak akan merasa bosan dengan adanya fasilitas yang ada.
STRATEGI DISTRIBUSI JASA
Saluran Distribusi langsung
Kami menggunakan saluran distribusi langsung kepada
konsumen dimana produsen mengendalikan langsung harga produk dan tidak adanya
pihak penyalur dalam disstribusi ini.
Kelebihan dari saluran distribusi ini adalah kami bisa
mendapat langsung umpan balik dari konsumen,misal dalam penetapan harga,dengan
fasilitas yang kami berikan dengan harga yang kami jual apakah terlalu mahal
tau sebanding.
STRATEGI
PENETAPAN HARGA :
Penetapan harga yang kami berikan di dasarkan pada
fasilitas yang juga kami berikan,biaya yang kami keluarkan untuk operasional
usaha ini dan juga menganalisa harga.Harga yang kami berikan dengan fasilitas
yang kami tawarkan sangat sesuai.konsumen mendapat fasilitas yang sesuai dengan
harga di keluarkan dengan kenyamanan dan keamanan.
Tujuan penetapan harga ini berdasarkan pada 3 hal
utama,yaitu survival,Profit maximization dan prestige.kami ingin menjadikan
“Wildan Futsal Stadium” dapat bertahan lama dengan harga yang terjangkau namun
dengan fasilitas yang juga sesuai.kami juga mengacu pada pofit
perusaha’an,tentu saja perusahaan akan mencari laba sebesar besarnya.dan
prestige.di sini kami mengartikan prestige sebagai fasilitas yang unggul dan
terjamin,maka harga yang kami tetapkan menyesuaikan dengan fasiltas kami.
STARTEGI PROMOSI
JASA
Menurut kotler & Amstrong
variable-variable yang ada di dalam promotional mix ada lima yaitu : periklanan
(advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan (sales
promotion), hubungan masyarakat (public relation), dan pemasaran langsung
(direct marketing). Namun dalam usaha reparasi motor ini akan menggunakan
strategi-startegi sebagai berikut :
a. Periklanan
(advertising)
setiap
usaha memerlukan strategi promosi untuk mengenalkan usaha yang dibuat, dalam strategi
ini menggunakan media periklanan, yaitu mempromosikan dengan menggunakan media
radio, advertising (media reklame), dan median jejaring social berupa situs
blog.
b. Promosi
penjualan (sales promotion)
Pada
promosi penjualan ini kami mempromosikan “
Wildan’z Futsal Stadium” dengan harga yang sesuai dengan fasilitas yang kami berikan,jadi tidak semata menetapkan harga tanpa ada fasiltas
sesuai yang di dapat konsumen,promo penjualan kami juga menetapkan harga promo
untuk menaikan nama perusaha’an kami.harga promo stragtegis
c. Hubungan
Masyarakat (public relation)
Hubungan masyarakat kami wujudkan dengan memberi bantuan
kepada masyarakat dalam bentuk membantu pembangunan daerah sekitar usaha kami.dan
juga wujud hubungan masyarakat seperti layanan masyarakat lain
d. Pemasaran
Langsung (direct marketing)
Pemasaran langsung kami wujudkan dengan menyebar humas
pada masyrakat dan menawarakn usaha kami langsung pada masyarakat dan
menjelaskan spesifikasi usaha kami dan faslitas yang kami berikan
STARTEGI
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SUMBER DAYA INSANI)
Pada
usaha lapangan futsal ini memandang penting peran SDM dalam memberikan
kontribusi bagi kesuksesan bisnis perusahaan sehingga pengelolaan dan
pengembangan asset sumber daya manusia merupakan bagian dari langkah strategis
dalam upaya mencapai visi dan misi perusahaan. Program-program pengelolaan dan
pengembangan SDM didasarkan pada standar kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat
bersaing dalam iklim bisnis yang kompetitif.
Langka–langkah
dalam strategi manajemen sumber daya manusia :
1. Penetapan
struktur organisasi
1.
Penjelasan Job
Deskripsi
Pemilik :Selaku pemilik,
dan yang mengontrol jalanya usaha
Sekertaris :pencatat data-data usaha,membuat,
menerima surat masuk maupun keluar, menerima telepon, menyimpan arsip/surat,
dan menyusun dan membuat jadwal kegiatan usaha.
Manajer pemasaran :mendapatkan pelanggan atau konsumen, mempertahankan pelanggan,
menanggapi persaingan usaha.
Sales :Memasarkan usaha dengan
sistem dan strategi perusahaan
Manajer keuangan :merencanakan dan menganalisa pembelanjaan perusahaan,
menghitung pemasukan dan pengeluaran usaha, mengatur struktur aktiva, mengatur
struktur finansial, membuat laporan keuangan (neraca, laporan laba/rugi, dan
laporan perubahan modal)
Administrasi :menerima
uang masuk dari konsumen maupun pelanggan, penjaga kasir.
Manajer SDM :rekrutmen
tenaga kerja/recruitment, seleksi tenaga kerja/selection, pengembangan dan
evaluasi karyawan.
Pembinaan karyawan : membina karyawan pada masalah perawatan lapangan
2.
Syarat yang
dimiliki masing-masing bagian
Pemilik :Modal, tempat usaha, dan pengalaman usaha.
Sekertaris :Memiliki wawasan dalam keseketariatan, bisa
menjalankan Microsoft, mempunyai
pengalaman.
Manajer pemasaran :Pendidikan
terakhir S1, mempunyai keahlian dalam memasarkan usaha, pengalaman
kerja.
Sales :
niat kerja, jujur, amanat, dan bersungguh-sungguh.
Manajer keuangan :Pendidikan
terakhir S1, mempunyai keahlian dalam bidang akutansi keuangan, pengalaman
berorganisasi, dan pengalaman kerja.
Administrasi : jujur, bisa dipercaya, dan bisa
mengendalikan computer.
Manajer SDM :Pendidikan terakhir S1, mempunyai skil dalam
SDM, penerimaan dan seleksi karyawan.
Pembinaan karyawan : mampu membina karyawan, mempunyai skil khususnya dalam kegiatan SDM dan
pembina’an karyawan
3.
Penetapan
pengembangan SDM yang ada
Melakukan training pada semua tenaga
kerja,training ditujukan tidak hanya pada karyawan bawah namun juga pegawai
yang mempunyai jabatan dalam usaha.
Untuk pegawai(karyawan) Training yang di
berikan seperti masalah perawatan lapangan dan sikap dalam melayani konsumen.dan untuk karyawan tinggi
seperti manajer training dilakukan untuk lebih menajamkan skil yang di miliki
dalam pekerjaanya.
STRATEGI
PROSES
Adalah upaya perusahaan dalam
menjalankan dan melaksanakan aktifitasnya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumenya agar kebutuhan konsumen terpenuhi secara cepat dan tepat.Kerja sama
marketing dan operasional menjadi titik fokus pada strategi proses ini.
Segmen pasar dalam Jasa ini fokus
pada masyarakat yang mencintai olahraga dan menjadikan kesehatan sebagai gaya
hidup.di kota sangat susah untuk mendapat tempat untuk bermain sepak bola,maka
jasa ini menjadi sangat potensial,di tambah gaya dan situasi tempat yang
menyesuaikan kebutuhan masyarakat Urban yang juga sangta buth tempat untuk
istirahat dan melepas lelah di Cafe dan untuk sekedar Browsing.
Strategi pemasaran Jasa “Wildan’z
Futsal Stadium” menggunakan pemasaran umum yang sudah biasa di gunakan,seperti
Brosur yang di sebar di sekolah dan Universitas,serta Banner iklan dan
menggunakan humas untuk lebih memperkenalkan jasa dengan rinci.
Proses pelayanan jasa mengutamakan
kepuasan pelanggan,di mana tiap satu lapangan akan di tempatkan minimal 3
karyawan pengawas lapangan dan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan layanan
jasa seperti sewa Sepatu,rompi dll.
menempatkan karyawan kebersihan di
tiap pos ruang ganti,yang menjadikan ruang ganti bersih dan nyaman untuk di
gunakan oleh konsumen.
Menjaga kualitas lapangan,seperti
rumput sintetis yang di jaga tingkat tinggi rumput dan tingkat ke licinan
rumput agar pemain tidak ada yang tergelincir atau cedera saat sedang bermain.
Menempatkan karyawan pada Cafe dan
WIFI area untuk melayani kebutuhan konsumen yang sedang beristirahat setelah
bermain futsal dan menyediakan makanan sehat serta minuman sehat untuk menunjang
kebutuhan konsumen setelah olahraga.
Kepuasan konsumen menjadi tujuan
utama pelayanan.
STRATEGI LINGKUNGAN
FISIK
(Physichal
Environtment)
Adalah unsur lain yang mendukung
Jasa utama.dalam “Wildan’z Futsal Stadium” lingkungan fisik penunjang jasa
utama fokus pada kualitas peralatan dan kondisi jasa seperti Lapangan futsal
yang menggunakan rumput sintetis kualitas terbaik yang tidak licin walaupun
kena air.
Perlengapan olahraga yang di
sewakakan juga dari produk unggulan yang bekerja sama dengan futsal arena,di
tujukan agar konsumen nyaman menggunakanya dan awet,seperti sepatu “Futsal
Arena” bekerja sama dengan penyedia alat olah raga seperti “Adidas dan Nike”
Tata ruang “Wildan’z Futsal
Stadium” terdiri dari 2 lantai,di mana
lantai satu untuk lapangan olahraga dan lantai dua untuk Cafe area dan WIFI,hal
ini di lakukan untuk menjaga kenyamana konsumen yang bersantai agar terjauh
dari kebisingan teriakan pemain dan suporter yang menyaksikan pertandingan
futsal dan olahraga lain.
Kebersihan menjadi titik fokus
futsal arena,dengan ini maka tidak akan ada aroma keringat dar para pemain yang
selesai bermain futsal dan menuju Cafe,menjaga Aroma ruangan Cafe agar tetap
wangi dan segar,agar konsumen juga nyaman dalam bersantai.
Untuk Logo kami menggunakan logo
dari Tim sepak bola Eropa yang terkenal dan mempunyai prestasi dalam sepak
bola,yang menjadi favorite para pemain yang mestinya sudah kenal dengan tim tim
eropa seperti “Barcelona dan Manchester United” serta banyak tim tim lain ysng
logonya akan terpajang di dinding gedung.
Dan di adakanya acara “NOBAR” atau
nonton bareng jika ada pertandingan sepakbola besar seperti “Champion
League,World Cup atau Liga Asia tenggara” yang menjadi point plus untuk di
kunjungi para masayarakat yang bahkan tidak bermain futsal dan hanya datang
untuk nobar dan duduk di Cafe untuks ekedar membeli minuman dan makanan.
MANAJEMEN KUALITAS JASA
Tangibles (bentuk fasilitas fisik)
·
Wildan’z Futsal Stadium
hanya menggunakan alat alat olahraga yang modern,dalam artian semua alat yang
di gunakan baru dan layak pakai dalam rentang waktu ( akan ada renewable
produk) atau peralatan tiap 6 bulan,seperti sepatu,bola dan rumput lapangan
untuk menjaga kenyamanan dan keamanan konsumen
·
Fasilitas yang di
gunakan dari merk atau Brand yang sudah terjamin dan berkualitas akan
kualitasnya,seperti “Adidas dan Nike” unutk sepatu,hal ini di tujukan untuk
membangun kepercaya’an konsumen akan kualitas barang yang di sewakan.
·
Memberikan pelayanan
sesuai iklan yang terpasang,seperti keada’an Cafe dan WIFI area yang nyaman
unutk konsumen,sesuai iklan yang terpasang
·
Siap menerima komplain
dari konsumen jika ada konsumen yang tidak puas
·
Memberi kesan yang
baik,ramah pada konsumen
·
Mensegerakan kebutuhan
konsumen
RESPONSIVENESS ( Tanggapan )
·
Memberi pelayanan
konsumen dengan cepat,yang artinya apa yang di butuhkan konsumen maka kami akan
segera menyediakanya.
·
Membantu konsumen yang
membutuhkan bantuan,misal tidak paham dengan pengguna’an WIFI atau fasilitas
lain
ASSURANCE ( Jaminan )
·
Karyawan yang ramah dan
sopan
·
Karyawan mempunyai
pengetahuan yang luas terhadap jasa dan fasilitas lain agar bisa menjawab semua
pertanya’an konsumen
·
Membuat konsumen merasa
benar2 nyaman saat menggunakan jasa
EMPATHY ( empati )
·
Melatih karyawan agar
cepat dan tanggap dalam melayani kebutuhan konsumen,sehingga kebutuhan konsumen
sudah bisa terbaca karyawan dan karyawan langsung memenuhi kebutuhan konsumen
tanpa konsumen memintanya.
·
Memberi kebutuhan
individu pada konsumen,seperti menayakan “apa yang bisa saya bantu lagi untuk
anda ?” pada tiap konsumen.
Langganan:
Postingan (Atom)
Blog Archive
About Me
- Unknown
Diberdayakan oleh Blogger.