Lapangan futsal mulai menjamur di kota-kota besar di Indonesia dan hal ini menjadi lahan bisnis yang cukup menjajikan. Pertumbuhan bisnis futsal di Indonesia sangat signifikan, kalau boleh di bilang luar biasa. Bukan Cuma di Jakarta, di Surabaya, Bandung, Medan, Palembang, Makasar, dan kota-kota besar lain.
Futsal menjadi jawaban atas sempitnya lahan bermain di daerah perkotaan. Saat ini banyak lahan kosong dan lapangan olahraga lain yang berubah wajah menjadi lapangan futsal. Lapangan itu tidak hanya di miliki oleh Pemda melalui gedung-gedung olahraga (GOR), tapi makin hari makin banyak pula pengusaha yang mencoba terjun ke bisnis ini. Dan ini juga adalah salah satu jawaban untuk pengusaha-pengusaha baru yang ingin mencoba menekuni bisnis yang sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi orsng lain ini. Mempunyai bisnis futsal rata-rata akan melonjak dari tahun ketahun dan perubahan meningkat secara signifikan.
Futsal adalah cabang olah raga yang lagi trend sekarang, banyak orang ingin bermain futsal namun terkendala dengan tempat yang layak.
Untuk itu saya bekerja sama dengan pihak-pihak yang membantu ingin membuat usaha penyewaan lapangan futsal khususnya di kota Mojokerto dengan fasilitas yang mendukung, rencana usaha ini akan diberi nama “ Wildan’z futsal Stadium

1.Intangibilitas
Jasa bebeda dengan barang. Bila barang merupakan suatu objek, alat, atau benda; maka jasa adalah suatu perbuatan, tindakan, pengalaman, proses, kinerja (performance), atau usaha. Oleh sebab itu, jasa tidak dapat dilihat, dirasa, dicium, didengar, atau diraba sebelum dibeli dan dikonsumsi. Bagi para pelanggan, ketidakpastian dalam pembelian jasa relatif tinggi karena terbatasnya search qualities, yakni karakteristik fisik yang dapat dievaluasi pembeli sebelum pembelian dilakukan. Untuk jasa, kualitas apa dan bagaimana yang akan diteriman konsumen, umumnya tidak diketahui sebelum jasa bersangkutan dikonsumsi.
:: Implikasi Pemasaran
Karena sifatnya yang intangible, dalam memasarkan jasa produsen cukup menekaankan perhatian konsumen kepada kategori-kategori tertentu yang tangible, untuk menonjolkan realitas jasa yang ditawarkannya. Contohnya : jika seseorang berkehendak menyewa mobil, maka jangan menawarkan jenis mobilnya; tetapi menekankan pada elemen-elemen seperti berapa banyak penumpang yang bisa di angkut, mobil yang akan digunakan sudah diasuransikan atau belum, mengambil sendiri atau diantar, sopirnya sudah ada atau belum, dan sebagainya.


Dalam kasus ini usaha “Lapangan Futsal” maka ditekankan pada :

·         Luas Lapangan Futsal 16 X 26 meter (standard Nasional )
·         Kualitas rumput sintetis Lapangan
·         Kenyaman ruangan dan fasilitas yang di dapat,seperti kamar mandi dan ruang ganti
·         Menyewakan sepatu dan kelengkapan untuk Fursal

Pembuatan / Pengadaan Lapangan Futsal
Material rumput sintetis  416 M2     200.000/m2 =                                       Rp 83.200.000            
Gaji pegawai 2org @ Rp450.000                                                                              Rp  900.000
Tagihan listrik dan air  / bln 8lampu @ 250W                                                          Rp  600.000
Bola Futsal : 2 pcs @ Rp. 150.000                                                                            Rp. 300.000
Rompi : 24 pcs @ Rp. 20.000                                                                                   Rp. 480.000
Lighting : 12 pcs @ Rp. 900.000                                                                              Rp. 10.800.000
Tiang Untuk Lighting : 6 pcs @ Rp. 450.000                                                           Rp. 2.700.000


Total                                                                                                                           Rp 98.980.000


ESTIMASI PEMASUKAN DENGAN ASUMSI PERJAM Rp. 150.000, -
Dengan rata2 10 kali sewa pakai maka di dapat Rp 150.000 X 10 = Rp. 1.500.000
Estimasi pemasukan / hr 10jam Rp. 1.500.000
Estimasi pemasukan / bulan di peroleh Rp 1.500.000 X 30 =  Rp 45.000.000
Dengan operasional  Rp 1.500.000 untuk gaji karyawan dan tagihan listrik dan air maka perbulan pemasukan di dapat Rp 43.500.000 / bulan


BAB I

Klasifikasi Jasa :
Jasa utama yang didukung dengan barang minor
Dalam Jasa ini jasa utama adalah Lapangan Futsal dan barang inorpendukungya adalah perlengkapa futsal dan fasilitas lain pendukung kegiatan seperti : Bola,sepatu,rompi dll.

Karakteristik Jasa :
Lack of ownership pelanggan tidak memiliki jasa (tidak terjadi perpinahan jasa kepemilikan) yang artinya hanya sewa dan pakai,pelanggan hanya menyewa dan hanya dipakai dalam tempo waktu yang sudah di tentukan.

Tidak terpisahkan :
Untuk Jasa ini maka Pelanggan harus datang untuk memakai Jasa yang di inginkan.
Bentuk relationship marketing :

·         Hubungan Pelanggan : Dalam jasa ini hubungan dengan pelanggan diwujudkan dalam bentuk member (Anggota pemakai tetap dari jasa ).kartu member diberikan pada para pelanggan tetap dengan kelebihan ada potongan pada hari Senin sampai kamis ( hari kerja ) dan bonus pemakaian 1 jam untuk 10 kali sewa maka aka nada bonus 1 Jam.
dan juga di adakan turnamen atau kompetisi futsal antar klub pelanggan,Hal ini diwujudkan untuk semakin menaikan pemakain sewa dan hubungan pelanggan.
·         Kemitra’an dengan pemasok : menjalin relation dengan took olahraga untuk memasok keperluan jasa dalam rangka perawatan alat alat olahraga yang sudah mulai rusak seperti sepatu dan bola.
·         Kemitra’an antar perusaha’an : Menjalin hubungan dengan para owner Futsal Field lain.Tujuan dari hal ini untuk sharing dan tukar pendapat dalam opersional Jasa,bagaimana kegiatan di Lapangan Lain.
·         Kemitra’an Internal : Join partnership (kepemilikan usaha bersama )
Bentuk Relation Marketing :
Hubungan Pelanggan ( Customer Relationship )
Hubungan pelanggan di bangin dengan mendasarkan pada kegiatan Membership atau keanggota’an dengan konsumen,dan untuk para member akan mendapat kelebihan dan fasilitas yang tidak sama dengan konsumen lain,seperti diskon harga sewa untuk hari hari tertentu dan juga fasilitas pada cafe dan resto.

Kemitra’an dengan Pemasok :
Pemasok dalam hal ini adalah para suplier alat alat olahraga yang menjadi fasilitas “ Wildan’z Futsal Stadium “ seperti sepatu,dekker dan rompi team,karna kami mempunyai jalinan kemitra’an usaha maka kami tidak suah dalam mencari fasilitas olahraga yang unggul dan berkualitas,dengan adnya jalinan kemitra’an sepeeti ini maka kami juga tidak akan tertipu dengan fasilitas yang tidak bermutu dari mitra kerja “Wildan’z Futsal Stadium “

Kemitra’an antar perusaha’an :
Dalam hal ini kami juga menjalin kerja sama dengan pemilik lapangan futsal lain dengan maksut sharing atau bertukar informasi kegiatan dan kerjasama dalam usaha peningkatan kualitas jasa.
Dengan berbagi ilmu maka kami juga akan menjadi lebih memahai kebutuhan para konsumen dengan mempelajari bisnia usaha lain.

Hubungan dengan masyarakat :
Hubungan dengan masyarakat di wujudkan dengan menjaring pekerja dari masyarakat sekitar,maka kami mengurangi jumlah pengangguran dan membuka lapangan pekerja’an untuk masyarakat sekitar lapangan.

Semua hal dan aspek di atas adalah termasuk kegiatan pemasaran dengan bentuk relation marketing,di mana hubungan baik dengan para pelaku bisnis akan meningkatkan penjualan dan kepercaya’an masyarakat dan konsumen Wildan’z Futsal Stadium pada khususnya.



Visi “ Wildan’z Futsal Stadium “

·         Menjadi lapangan futsal indoor room yang menjadi pusat olah raga dan Arena olah raga yang bermanfaat dalam pengembangan bibit muda pemain sepakbola.Dan menjadi pusat pengembangan dan penyalur bakat bakt muda para pemain sepak bola muda dalam pengembangan bakat dan keterampilan sepak bola
Misi

·         Menjadi pusat lapangan futsal yang bisa mengantarkan bakat bakat muda menuju prestasi
·         Memeberikan pelayanan dan penghargaan kepada bakat bakat muda yang ingin mengembangkan karir
·         Menjadi lapangan futsal indoor arena yang multi fungsi dalam cabang olah raga lain
·         Mengembangkan bakat bakat muda pemain sepak bola dalam kegiatan kegiatan turnamen dan ajang pengembangan bakat

SEGMENTING TARGETING DAN POSITIONING JASA
Geografis : segmentasi pasar “Wildan’z Futsal Stadium” di tinjau dari segmen geografis menekankan pada aspek kota,dimana kota adalah tepat dan wilayah yang padat penduduk dan susah untuk memdapatkan tempat untuk berolahrga,maka kami hadir d tengah permasalhan ini dengan menghadirkan tempat olah raga dan lapangan futsal pada khususnya di tengah kota,dengan fasilitas kebutuhan masyarakat Urban yang juga menjadi faslitas usaha kami.
maka usaha ini mempunya prospek dan nilai yang sangat mendukung dan menjajinkan d tengah kota.
Demografis :
Segmen pasar dari aspek demografis di tekankan pada konsumen usia muda untuk lapangan futsal dan masyarkat umum yang mulai sadar akan pentingnya kesehatan pada umumnya,anak anak muda yang menggilai sepak bola namun tidak ada tempat untk berman,maka di sinilah kami muncul sebagai solusi permasalhan tersebut dan juga dengan harga sewa yang terjamin dan tidak memberatkan masyarkat muda.


Psikografis :
Dalam aspek ini kami menghadirkan usaha yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat kota,dengan gaya hidup Urban dan karakteristik masyarakat yang ingin semuanya praktis,di sini kami menyajikan semuanya dan mempaketnya dalam “ wildan’z futsal Stadium” di mana tempat olahraga bukanlah tempat yang membosankan dan identik dengan jenuh,di sini kami menyajikan cafe dan resto unntuk para konsumen dan fasilitas pendukung lain yang di jamain sesuai kebutuhan masyarakat saat ini.

TARGETING :

Evaluasi pasar di perlukan dalam penentuan target pasar,aspek ini lebih spesifik dar langkah awal segmen pasar.targeting “wildan’z Futsal Stadium” berarah pada anak muda pecinta olahraga dan futsal pada khususnya.

Single segmen Concentration :
Wildan’z futsal Stadium memang meiliki fasilitas cafe dan resto,namun spesifikasi dari produk kami adalah jasa lapangan futsal,maka pada lapngan futsal kami fokus pada layanan utama,di mana konsumen utama kami adalah di penyewa’an lapangan futsal,namun kami juga tidak merendahkan fasilitas pendunkung lain seperti Cafe dan resto yang kami miliki.

POSITIONING :
Aspek ini menekankan pada kenunggulan produk yang di dasarkan pada keunikan produk,dimana konsumen harus memilih produk kami di banding produk kami dengan menanamkan keunikan dan kepercaya’an pada konsumen.
Wildan’z futsal stadium memiliki keunggulan pada fasiltas,kami hanya memberi kualitas terbaik pada alat alat olah raga di mana keselamatan konsumen menjadi pedoman kami dalam usaha ini.
Maka kami menggunakan alat olah raga dengan mutu nomer satu dan unggul.serta fasilitas lainya untuk cafe dan resto dengan layanan terbaik.



Strategi produk jasa
A . Produk Inti ( Core Produk )
Pusat kebugaran dan olahraga
Fungsi inti dari Wildan’z futsal Stadium adalah tempat untuk bermain futsal,namun dengan adanya tempat olah raga lain maka usaha ini menjadi tempat untuk pusat kebugaran yang pas di pusat kota.sarana yang tersedia menjadikan usaha kami sebagai tempat ke bugaran yang nyaman untuk di kunjungi,Olah raga bisa menjadi hal yang menyenangkan dan tidak hanya melelahkan

B Produk Aktual ( Actual Produk )
Lapangan olahraga dengan kualitas standar internasional.Wildan’z Futsal Stadium memiliki 2 lapangan futsal berstandard internasional,dengan kualitas rumput sintetis yang tidak licin dan tidak gampang rusak,lengkap dengan Fasilitas lain yang juga di sewakan seperti Bola,Rompi,Sepatu dan alat olahraga lain yang terjamin kualitas dan kenyamanan dalam pengguna’anya.Dengan fasilitas penunjang ini maka kecelaka’an dalam olah raga akan kecil kemungkinanya.

C . Produk Tambahan
Fasilitas penunjang lain.Wildan’z Futsal Stadium tidak hanya sebagai tempat kebugaran namun juga bisa sebagaitempat untuk bersantai,dengan fasilitas Café dan WIFI yang tersedia sangat menunjnag pelanggan untuk nyaman di tempat kami.Pelanggan yang menunggu juga tidak akan merasa bosan dengan adanya fasilitas yang ada.

STRATEGI DISTRIBUSI JASA
Saluran Distribusi langsung
Kami menggunakan saluran distribusi langsung kepada konsumen dimana produsen mengendalikan langsung harga produk dan tidak adanya pihak penyalur dalam disstribusi ini.
Kelebihan dari saluran distribusi ini adalah kami bisa mendapat langsung umpan balik dari konsumen,misal dalam penetapan harga,dengan fasilitas yang kami berikan dengan harga yang kami jual apakah terlalu mahal tau sebanding.


STRATEGI PENETAPAN HARGA :
Penetapan harga yang kami berikan di dasarkan pada fasilitas yang juga kami berikan,biaya yang kami keluarkan untuk operasional usaha ini dan juga menganalisa harga.Harga yang kami berikan dengan fasilitas yang kami tawarkan sangat sesuai.konsumen mendapat fasilitas yang sesuai dengan harga di keluarkan dengan kenyamanan dan keamanan.
Tujuan penetapan harga ini berdasarkan pada 3 hal utama,yaitu survival,Profit maximization dan prestige.kami ingin menjadikan “Wildan Futsal Stadium” dapat bertahan lama dengan harga yang terjangkau namun dengan fasilitas yang juga sesuai.kami juga mengacu pada pofit perusaha’an,tentu saja perusahaan akan mencari laba sebesar besarnya.dan prestige.di sini kami mengartikan prestige sebagai fasilitas yang unggul dan terjamin,maka harga yang kami tetapkan menyesuaikan dengan fasiltas kami.
STARTEGI PROMOSI JASA
Menurut kotler & Amstrong variable-variable yang ada di dalam promotional mix ada lima yaitu : periklanan (advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation), dan pemasaran langsung (direct marketing). Namun dalam usaha reparasi motor ini akan menggunakan strategi-startegi sebagai berikut :
a.       Periklanan (advertising)
setiap usaha memerlukan strategi promosi untuk mengenalkan usaha yang dibuat, dalam strategi ini menggunakan media periklanan, yaitu mempromosikan dengan menggunakan media radio, advertising (media reklame), dan median jejaring social berupa situs blog.
b.      Promosi penjualan (sales promotion)
Pada promosi penjualan ini kami mempromosikan “ Wildan’z Futsal Stadium” dengan harga yang sesuai dengan fasilitas yang kami berikan,jadi tidak semata menetapkan harga tanpa ada fasiltas sesuai yang di dapat konsumen,promo penjualan kami juga menetapkan harga promo untuk menaikan nama perusaha’an kami.harga promo stragtegis
c.       Hubungan Masyarakat (public relation)
Hubungan masyarakat kami wujudkan dengan memberi bantuan kepada masyarakat dalam bentuk membantu pembangunan daerah sekitar usaha kami.dan juga wujud hubungan masyarakat seperti layanan masyarakat lain
d.      Pemasaran Langsung (direct marketing)
Pemasaran langsung kami wujudkan dengan menyebar humas pada masyrakat dan menawarakn usaha kami langsung pada masyarakat dan menjelaskan spesifikasi usaha kami dan faslitas yang kami berikan

STARTEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SUMBER DAYA INSANI)
Pada usaha lapangan futsal ini memandang penting peran SDM dalam memberikan kontribusi bagi kesuksesan bisnis perusahaan sehingga pengelolaan dan pengembangan asset sumber daya manusia merupakan bagian dari langkah strategis dalam upaya mencapai visi dan misi perusahaan. Program-program pengelolaan dan pengembangan SDM didasarkan pada standar kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat bersaing dalam iklim bisnis yang kompetitif.
Langka–langkah dalam strategi manajemen sumber daya manusia :
1.      Penetapan struktur organisasi



1.      Penjelasan Job Deskripsi
Pemilik                        :Selaku pemilik, dan yang mengontrol jalanya usaha
Sekertaris                    :pencatat data-data usaha,membuat, menerima surat masuk maupun keluar, menerima telepon, menyimpan arsip/surat, dan menyusun dan membuat jadwal kegiatan usaha.
Manajer pemasaran     :mendapatkan pelanggan atau konsumen, mempertahankan pelanggan, menanggapi persaingan usaha.
Sales                            :Memasarkan usaha dengan sistem dan strategi perusahaan
Manajer keuangan       :merencanakan dan menganalisa pembelanjaan perusahaan, menghitung pemasukan dan pengeluaran usaha, mengatur struktur aktiva, mengatur struktur finansial, membuat laporan keuangan (neraca, laporan laba/rugi, dan laporan perubahan modal)
Administrasi                :menerima uang masuk dari konsumen maupun pelanggan, penjaga kasir.
Manajer SDM             :rekrutmen tenaga kerja/recruitment, seleksi tenaga kerja/selection, pengembangan dan evaluasi karyawan.
Pembinaan karyawan  : membina karyawan pada masalah perawatan lapangan

2.      Syarat yang dimiliki masing-masing bagian
Pemilik                        :Modal, tempat usaha, dan pengalaman usaha.
Sekertaris                    :Memiliki wawasan dalam keseketariatan, bisa menjalankan Microsoft,    mempunyai pengalaman.
Manajer pemasaran     :Pendidikan terakhir S1, mempunyai keahlian dalam memasarkan usaha, pengalaman kerja.
Sales                            : niat kerja, jujur, amanat, dan bersungguh-sungguh.
Manajer keuangan       :Pendidikan terakhir S1, mempunyai keahlian dalam bidang akutansi keuangan, pengalaman berorganisasi, dan pengalaman kerja.
Administrasi                : jujur, bisa dipercaya, dan bisa mengendalikan computer.
Manajer SDM             :Pendidikan terakhir S1, mempunyai skil dalam SDM, penerimaan dan seleksi karyawan.
Pembinaan karyawan  : mampu membina karyawan, mempunyai skil khususnya dalam kegiatan SDM dan pembina’an karyawan

3.      Penetapan pengembangan SDM yang ada
Melakukan training pada semua tenaga kerja,training ditujukan tidak hanya pada karyawan bawah namun juga pegawai yang mempunyai jabatan dalam usaha.
Untuk pegawai(karyawan) Training yang di berikan seperti masalah perawatan lapangan dan sikap dalam melayani konsumen.dan untuk karyawan tinggi seperti manajer training dilakukan untuk lebih menajamkan skil yang di miliki dalam pekerjaanya.

STRATEGI PROSES
Adalah upaya perusahaan dalam menjalankan dan melaksanakan aktifitasnya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumenya agar kebutuhan konsumen terpenuhi secara cepat dan tepat.Kerja sama marketing dan operasional menjadi titik fokus pada strategi proses ini.
Segmen pasar dalam Jasa ini fokus pada masyarakat yang mencintai olahraga dan menjadikan kesehatan sebagai gaya hidup.di kota sangat susah untuk mendapat tempat untuk bermain sepak bola,maka jasa ini menjadi sangat potensial,di tambah gaya dan situasi tempat yang menyesuaikan kebutuhan masyarakat Urban yang juga sangta buth tempat untuk istirahat dan melepas lelah di Cafe dan untuk sekedar Browsing.
Strategi pemasaran Jasa “Wildan’z Futsal Stadium” menggunakan pemasaran umum yang sudah biasa di gunakan,seperti Brosur yang di sebar di sekolah dan Universitas,serta Banner iklan dan menggunakan humas untuk lebih memperkenalkan jasa dengan rinci.
Proses pelayanan jasa mengutamakan kepuasan pelanggan,di mana tiap satu lapangan akan di tempatkan minimal 3 karyawan pengawas lapangan dan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan layanan jasa seperti sewa Sepatu,rompi dll.
menempatkan karyawan kebersihan di tiap pos ruang ganti,yang menjadikan ruang ganti bersih dan nyaman untuk di gunakan oleh konsumen.
Menjaga kualitas lapangan,seperti rumput sintetis yang di jaga tingkat tinggi rumput dan tingkat ke licinan rumput agar pemain tidak ada yang tergelincir atau cedera saat sedang bermain.
Menempatkan karyawan pada Cafe dan WIFI area untuk melayani kebutuhan konsumen yang sedang beristirahat setelah bermain futsal dan menyediakan makanan sehat serta minuman sehat untuk menunjang kebutuhan konsumen setelah olahraga.
Kepuasan konsumen menjadi tujuan utama pelayanan.

STRATEGI LINGKUNGAN FISIK
(Physichal Environtment)

Adalah unsur lain yang mendukung Jasa utama.dalam “Wildan’z Futsal Stadium” lingkungan fisik penunjang jasa utama fokus pada kualitas peralatan dan kondisi jasa seperti Lapangan futsal yang menggunakan rumput sintetis kualitas terbaik yang tidak licin walaupun kena air.
Perlengapan olahraga yang di sewakakan juga dari produk unggulan yang bekerja sama dengan futsal arena,di tujukan agar konsumen nyaman menggunakanya dan awet,seperti sepatu “Futsal Arena” bekerja sama dengan penyedia alat olah raga seperti “Adidas dan Nike”
Tata ruang “Wildan’z Futsal Stadium”  terdiri dari 2 lantai,di mana lantai satu untuk lapangan olahraga dan lantai dua untuk Cafe area dan WIFI,hal ini di lakukan untuk menjaga kenyamana konsumen yang bersantai agar terjauh dari kebisingan teriakan pemain dan suporter yang menyaksikan pertandingan futsal dan olahraga lain.
Kebersihan menjadi titik fokus futsal arena,dengan ini maka tidak akan ada aroma keringat dar para pemain yang selesai bermain futsal dan menuju Cafe,menjaga Aroma ruangan Cafe agar tetap wangi dan segar,agar konsumen juga nyaman dalam bersantai.
Untuk Logo kami menggunakan logo dari Tim sepak bola Eropa yang terkenal dan mempunyai prestasi dalam sepak bola,yang menjadi favorite para pemain yang mestinya sudah kenal dengan tim tim eropa seperti “Barcelona dan Manchester United” serta banyak tim tim lain ysng logonya akan terpajang di dinding gedung.
Dan di adakanya acara “NOBAR” atau nonton bareng jika ada pertandingan sepakbola besar seperti “Champion League,World Cup atau Liga Asia tenggara” yang menjadi point plus untuk di kunjungi para masayarakat yang bahkan tidak bermain futsal dan hanya datang untuk nobar dan duduk di Cafe untuks ekedar membeli minuman dan makanan.
MANAJEMEN KUALITAS JASA

Tangibles (bentuk fasilitas fisik)
·         Wildan’z Futsal Stadium hanya menggunakan alat alat olahraga yang modern,dalam artian semua alat yang di gunakan baru dan layak pakai dalam rentang waktu ( akan ada renewable produk) atau peralatan tiap 6 bulan,seperti sepatu,bola dan rumput lapangan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan konsumen

·         Fasilitas yang di gunakan dari merk atau Brand yang sudah terjamin dan berkualitas akan kualitasnya,seperti “Adidas dan Nike” unutk sepatu,hal ini di tujukan untuk membangun kepercaya’an konsumen akan kualitas barang yang di sewakan.

·         Memberikan pelayanan sesuai iklan yang terpasang,seperti keada’an Cafe dan WIFI area yang nyaman unutk konsumen,sesuai iklan yang terpasang

·         Siap menerima komplain dari konsumen jika ada konsumen yang tidak puas

·         Memberi kesan yang baik,ramah pada konsumen

·         Mensegerakan kebutuhan konsumen


RESPONSIVENESS ( Tanggapan )
·         Memberi pelayanan konsumen dengan cepat,yang artinya apa yang di butuhkan konsumen maka kami akan segera menyediakanya.
·         Membantu konsumen yang membutuhkan bantuan,misal tidak paham dengan pengguna’an WIFI atau fasilitas lain

ASSURANCE ( Jaminan )
·         Karyawan yang ramah dan sopan
·         Karyawan mempunyai pengetahuan yang luas terhadap jasa dan fasilitas lain agar bisa menjawab semua pertanya’an konsumen
·         Membuat konsumen merasa benar2 nyaman saat menggunakan jasa

EMPATHY ( empati )

·         Melatih karyawan agar cepat dan tanggap dalam melayani kebutuhan konsumen,sehingga kebutuhan konsumen sudah bisa terbaca karyawan dan karyawan langsung memenuhi kebutuhan konsumen tanpa konsumen memintanya.
·         Memberi kebutuhan individu pada konsumen,seperti menayakan “apa yang bisa saya bantu lagi untuk anda ?” pada tiap konsumen.










About Me

Diberdayakan oleh Blogger.
Share

Share

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail